Apa itu VMware : Pengertian, Fungsi, Keunggulan, Fitur dan Cara Download VMware

Apa itu VMware — adalah penyedia perangkat lunak virtualisasi dan komputasi awan yang berbasis di Palo Alto, California. Didirikan pada tahun 1998, VMware adalah anak perusahaan dari Dell Technologies. EMC Corporation awalnya mengakuisisi VMware pada tahun 2004; Kemudian, pada tahun 2016, Dell Technologies mengakuisisi EMC. VMware mendasarkan teknologi virtualisasinya pada hypervisor bare-metal ESX / ESXi dalam arsitektur x86.

Dengan virtualisasi server VMware, hypervisor diinstal pada server fisik untuk memungkinkan beberapa mesin virtual (VM) berjalan di server fisik yang sama. Setiap mesin virtual dapat menjalankan sistem operasinya sendiri (OS), yang berarti bahwa beberapa sistem operasi dapat berjalan pada satu server fisik. Semua mesin virtual pada server fisik yang sama berbagi sumber daya seperti jaringan dan RAM.

Pada tahun 2019, VMware menambahkan dukungan hypervisor untuk menjalankan beban kerja dalam container di cluster Kubernetes. Jenis beban kerja ini dapat dikelola oleh tim infrastruktur dengan cara yang sama seperti mesin virtual dan tim DevOps dapat menerapkan container seperti biasa. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang inovasi canggih ini, lihat dan temukan VMware di bawah ini.

Pengertian dan Memahami VMware

VMware, Inc. adalah perusahaan perangkat lunak yang diperdagangkan secara publik di Amerika Serikat dari California. Perusahaan menyediakan dan menawarkan solusi komputasi awan, perangkat lunak, dan layanan virtualisasi. Karena itu menjadikan VMware, Inc. salah satu perusahaan sukses komersial pertama yang memvirtualisasikan arsitektur x86. Perangkat lunak desktop VMware berjalan di Microsoft Windows, Linux, dan macOS, sedangkan hypervisor perangkat lunak perusahaan untuk server VMware ESXi adalah hypervisor bare metal yang berjalan langsung pada perangkat keras server tanpa memerlukan sistem operasi tambahan yang mendasarinya.

Fitur VMware

vmware adalah
vmware adalah

Menggunakan produk dan layanan VMware untuk menghidupkan virtualisasi hanyalah beberapa keuntungan yang ditawarkan perusahaan California ini. Fitur-fitur ini meliputi:

  • Peningkatan laba atas investasi (ROI)

VMware memungkinkan Anda untuk menggunakan lebih banyak sumber daya fisik di komputer Anda. Administrator sistem tidak suka menjalankan beberapa aplikasi penting pada sistem operasi server, karena jika salah satu aplikasi mogok, dapat membuat sistem operasi tidak stabil dan menyebabkan aplikasi lain mogok.

  • Penggunaan energi dan ruang yang lebih efisien

VMware memungkinkan Anda menjalankan lebih banyak aplikasi menggunakan lebih sedikit server fisik. Lebih sedikit server fisik membutuhkan lebih sedikit ruang di pusat data dan lebih sedikit energi untuk daya dan pendinginan.

  • Dukungan untuk industri

Apa itu VMware ? VMware adalah penyedia virtualisasi terkemuka dengan lebih dari 500.000 pelanggan. Jaringan 75.000 mitra mendukung pelanggan dengan berbagai produk dan layanan tambahan.

Keunggulan dan Kekurangan Penggunaan VMware

Seperti dua sisi mata uang, semuanya memiliki pro dan kontra, tidak terkecuali VMware. Sedangkan keuntungan menggunakan produk VMware adalah:

  • Keamanan berdasarkan model tanpa kepercayaan dengan keamanan yang lebih baik daripada sistem kontainer seperti Kubernetes
  • Penyediaan aplikasi dan sumber daya yang lebih baik
  • Manajemen pusat data yang disederhanakan
  • Meningkatkan efisiensi dan kelincahan sistem pusat data.

Sedangkan kerugian menggunakan VMware adalah:

  • Biaya lisensi tinggi
  • Ada yang bilang Hyper-V dan Xen adalah alternatif yang lebih baik untuk hypervisor
  • Kurangnya dukungan dan beberapa bug dengan produk Oracle dan
  • Masalah kompatibilitas perangkat keras karena tidak semuanya berfungsi dengan benar dengan VMware.

Fitur dan Produk dari VMware

Di banyak lingkungan fisik, kegagalan perangkat keras berarti waktu henti selama berjam-jam, penggantian yang mahal, dan penurunan produktivitas. Ketersediaan tinggi dan toleransi kesalahan VMware mengurangi biaya waktu henti dan kehilangan produktivitas dengan menciptakan lingkungan yang meminimalkan biaya kegagalan perangkat keras.

VMware High Availability and Fault Tolerance mengoptimalkan lingkungan yang berjalan dengan penggunaan sumber daya yang dinamis dan efisien. Hal ini dikarenakan dukungan produk atau fitur VMware, seperti:

  • High Availability atau ketersediaan yang tinggi

Ketersediaan tinggi meningkatkan keandalan lingkungan. Tujuan dari server ketersediaan tinggi adalah untuk mengurangi waktu henti jika terjadi kegagalan perangkat keras. Clustered VMware vSphere Hypervisor ESXi host berbagi sumber daya mesin pada mereka. Jika sebuah host mengalami shutdown yang tidak terduga, mesin virtual pada host tersebut akan secara otomatis mulai berjalan pada host ESXi lain di cluster.
Saat HA berlaku, mesin dimigrasikan ke host alternatif (dan di-boot ulang). Ketersediaan tinggi menyediakan cara untuk menjaga mesin virtual tetap berjalan bahkan jika terjadi kegagalan perangkat keras. Ini adalah fitur yang sangat penting di lingkungan yang tidak dapat hidup dengan mesin mereka menganggur.

  • Flaut Tolerance

Mirip dengan ketersediaan tinggi, toleransi kesalahan memungkinkan mesin virtual (VM) untuk bertahan dari kegagalan perangkat keras dengan memanfaatkan sumber daya, sehingga jika terjadi kegagalan perangkat keras, mesin virtual dapat boot dari host baru dan instance bayangan dapat dimulai langsung dari virtual mesin yang berjalan pada host sekunder. . Toleransi kesalahan memungkinkan mesin virtual untuk terus beroperasi bahkan jika host tiba-tiba gagal tanpa kehilangan data atau konektivitas ke pengguna akhir atau mesin virtual.

  • vMotion

vMotion adalah layanan VMware yang memungkinkan Anda untuk memigrasikan mesin virtual langsung dari satu host ESXi ke host lain tanpa mengganggu layanan yang disediakan oleh mesin virtual. Saat menggunakan vMotion untuk memigrasi mesin virtual, ada sedikit atau tidak ada gangguan pada layanan, di mana biasanya hanya beberapa paket yang hilang dan pengguna akhir tidak perlu memperhatikan transisi tersebut. Hal ini memungkinkan administrator untuk menghapus mesin virtual dari host yang mungkin tidak berfungsi atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

  • Penyimpanan atau storage VMotion

Storage vMotion adalah layanan yang mirip dengan vMotion, tetapi digunakan untuk memigrasikan data ke penyimpanan lain pada disk yang terhubung. Fitur ini memainkan peran yang mirip dengan vMotion, tetapi memungkinkan administrator untuk menyelesaikan masalah penyimpanan, seperti latensi tinggi, sebelum menjadi masalah di lingkungan.

  • Distributed Resource Scheduler (DRS)

Ini adalah fungsi penyeimbang beban. DRS menggunakan vMotion untuk secara otomatis mengaktifkan klaster host VMware ESXi untuk mendistribusikan beban komputasi di seluruh lingkungan. DRS mengukur penggunaan gabungan vCPU dan vRAM di antara mesin virtual yang berjalan di lingkungan dan mendistribusikan yang paling efisien di antara host. Ini memastikan bahwa sumber daya masing-masing host tidak kelebihan beban, sementara host lain berfungsi sedikit.

Cara Download Apa itu VMware

Satu-satunya hal yang lebih baik daripada memiliki sistem operasi kedua di desktop Anda adalah memiliki sistem operasi kedua yang dapat bertukar data dengan yang pertama. Di sinilah Alat VMware masuk. Ini adalah bagian penting dari lingkungan VMware Workstation yang memungkinkan OS tamu yang berjalan di hypervisor Tipe 2 untuk bekerja lebih baik dengan OS host. Manfaat menginstal VMware Tools termasuk kinerja grafis yang lebih cepat dan dukungan untuk folder bersama antara sistem operasi tamu dan host. Anda dapat menggunakannya untuk menarik dan melepas file serta memotong dan menempel di antara dua sistem operasi.

Untuk menginstal VMware Tools, klik VM, lalu klik Install VMware Tools di menu VMware Workstation. VMware Workstation kemudian memasang drive CD-ROM virtual di sistem operasi tamu yang berisi penginstal VMware Tools. Anda kemudian dapat mengakses image CD-ROM dari sistem operasi tamu dan menjalankan program instalasi.

Kesimpulan Apa itu VMware 

VMware adalah solusi virtualisasi dan komputasi awan yang mengubah cara Anda berpikir tentang menjalankan beban kerja server dengan menerapkan tugas khusus server virtual di beberapa host fisik. Ini juga memungkinkan setiap host fisik untuk menjalankan beberapa instance server virtual. Perusahaan Anda mungkin memiliki server penyimpanan file, server database untuk pemrosesan kueri, server email, dll. Usaha kecil juga biasanya membutuhkan banyak server.

Membeli dan memasang server fisik ini sering kali menjadi masalah besar, begitu pula biayanya. VMware dapat membantu dalam hal ini. Alih-alih mengandalkan banyak server untuk mengelola dan menjalankan banyak tugas, VMware memungkinkan Anda menggabungkan semuanya di satu mesin. Alih-alih membeli beberapa server fisik, gabungkan sumber daya dari beberapa server fisik atau host dan gunakan VMware untuk mengantri server virtual. Dari kumpulan sumber daya ini, Anda dapat mengelola dan mengakses semua aplikasi di jaringan Anda dari satu platform terpadu.