Tips Membangun Kepercayaan dan Komitmen di Tim Kerjamu

Liputanberiaku.com — Kepercayaan pada tim kerja sangat penting. Tanpa ini, seseorang tidak akan mau mendelegasikan tugas kepada rekan kerja atau percaya pada hasil kerajanya. Bukankah ini rumit? Lalu, bagaimana cara membangun kepercayaan dan komitmen dalam tim kerja? Lakukan metode berikut untuk membangunkan mereka pada saat yang sama dan mendukung kekompakan tim!

Bersikap terbuka dan transparan

Jika kamu adalah leader tim, jangan memiliki agenda tersembunyi dengan tim kerjamu yang dianggap paling baik! Salah-salah, kamu akan disangka sedang merencanakan suatu hal atau membeda-bedakan tim yang kinerjanya biasanya saja dengan tidak percaya pada hasil kerjanya. Bicarakan segala sesuatunya dengan terbuka, baik itu soal kebijakan perusahaan, strategi, dan tujuan yang hendak dicapai. Jika memang ada politik atau konflik dalam tim, sampaikanlah!

Melakukan sesuatu dengan tulus

Ketulusan sikap yang nyata, bisa ditangkap orang lain dengan jelas. Begitu pula dengan rekan kerja satu tim. Mereka bisa menganalisis mana yang ikhlas dan mana yang manipulatif.

Ketulusan inilah yang pada akhirnya, akan membuat tim kerja akan merasa nyaman. Jika hati sudah nyaman, rasa percaya pun tak dimungkiri akan hadir.

Miliki kedekatan secara emosional dengan anggota tim

Kedekatan emosional bisa didapat apabila ada hubungan informal antara atasan dan sesama tim, di luar hubungan formal itu sendiri. Kedekatan ini memungkinkan seseorang mengetahui siapa dirimu sebenarnya dan selanjutnya menumbuhkan rasa percaya.

Peganglah komitmenmu dan tetap konsisten!

Sekecil apa pun janjimu, peganglah itu dan wujudkanlah! Apalagi, kalau urusannya sudah pada tujuan bersama tim kerja. Kamu bisa meminta tim atau atasan untuk mengingatkanmu bila lupa. Dari kegiatan sekecil saling mengingatkan ini saja, orang bisa membangun rasa percayanya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

#artikel-asli