Bagaimana Mereka Menyikapi Ide-Ide Berbeda

Bagaimana Mereka Menyikapi Ide-Ide Berbeda

 

Pertanyaan mengenai bagaimana mereka menyikapi ide-ide berbeda ini terkait dengan teks pada buku Tematik kelas 4 SD berjudul Mozaik Kreasi Bersama. Cara mereka menyikapi ide-ide berbeda ini adalah menghormati dan menghargai ide tersebut dengan terbuka mendiskusikannya dan bahkan menyempurnakannya dengan ide lainnya. Hal ini sesuai dengan yang dilakukan oleh Edo dan Lani di dalam teks.

Pembahasan

Perbedaan itu perlu. Intinya perbedaan pasti ada di antara kita, karena perbedaan itu datangnya dari Tuhan dan manusia tidak bisa menghindarinya. Satu-satunya hal yang dapat dilakukan orang adalah merasakan perbedaan secara positif agar dapat hidup rukun dan harmonis.

Salah satu perbedaan yang selalu kita miliki adalah perbedaan ide atau perbedaan pendapat. Hal ini wajar mengingat cara berpikir, selera, budaya, latar belakang sosial dan sebagainya, setiap orang berbeda. Perbedaan antara ide, visi, dan pendapat ini harus dilihat secara positif, karena jika dilihat secara negatif akan menimbulkan kesenjangan. Di sisi lain, jika kita melihatnya secara positif, itu akan menjadi jalan pemersatu.