hit counter
Breaking News

Manfaat Wayang Bagi Pengembangan Warisan Budaya

Manfaat Wayang Bagi Pengembangan Warisan Budaya–Keunggulan wayang dalam kaitannya dengan pengembangan warisan budaya adalah sebagai media pendidikan, informasi dan hiburan dalam berbagai bidang kehidupan manusia.

Sejarah tidak secara akurat mencatat asal muasal perkembangan wayang. Namun, masyarakat selalu mengingat dan merasakan kehadiran wayang dalam kehidupan bermasyarakat. Sejak zaman penjajahan Belanda hingga saat ini, banyak sarjana dan budayawan yang mencoba meneliti dan menulis tentang wayang.

Menurut Mengenal Wayang karya Bayu Wibisana (2018), wayang sudah ada dan berkembang sejak zaman dahulu, sekitar tahun 1500 SM, jauh sebelum agama dan budaya asing masuk ke Indonesia. Jadi wayang ini dalam bentuknya yang paling sederhana adalah wayang asli Indonesia. Namun dalam proses perkembangannya, wayang bersinggungan dengan unsur-unsur lain. Perkembangan wayang ini tentunya tidak akan berhenti, namun akan terus berlanjut di masa mendatang.

Manfaat Wayang Bagi Pengembangan Warisan Budaya

Pembahasan

Semua wayang di atas merupakan bentuk ekspresi budaya yang dapat digunakan dalam berbagai bentuk kehidupan, antara lain media pendidikan, media informasi, dan media hiburan. Wayang merupakan media pendidikan yang bermanfaat karena isinya memberikan banyak pelajaran hidup kepada masyarakat. Wayang juga ada di era modern ini

banyak digunakan sebagai media informasi. Hal ini terlihat pada pertunjukan wayang antara lain yang memuat informasi program-program pembangunan seperti KB, pemilihan umum, dll. Terakhir, meski semakin langka, wayang tetap menjadi sarana hiburan.

Untuk menjawab pertanyaan ini, kita harus menemukan gagasan utama di paragraf terakhir. Gagasan utama ada di awal paragraf.

Wayang dapat digunakan sebagai media untuk menghubungkan tradisi atau budaya dengan manusia. Wayang adalah sarana yang komunikatif untuk menyempaikan nilai-nilai yang terkandung dari cerita pewayangan. Cerita wayang yang disampaikan memiliki pesan moral yang berkaitan dengan kehidupan sosial masyarakat. Sehingga dengan memahami cerita wayang, akan mengerti tradisi budaya dan mengetahui nilai kehidupan.

Media pendidikan Dalam pendidikan wayang dapat difungsikan untuk pembelajaran budaya sekaligus pendidikan mental yang sangat bermanfaat bagi manusia sebagai makhluk sosial.