Penemuan Emas di Pantai Pohon Batu Bikin Geger Warga Maluku Tengah

Liputanberitaku.com — – Warga Desa Tamilouw, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Maluku digegerkan dengan adanya penemuan emas di pesisir pantai Pohon Batu. Tak ayal, warga  etempat ramai-ramai menyerbu pantai untuk mendulang emas di sana.

Puluhan warga mendulang emas di pesisir pantai Pohon Batu dengan alat seadanya seperti wajan, sekop dan karpet. Untuk menyaring material emas, warga menggali pasir dan memecahkan bongkahan batu yang diyakini mengandung butiran emas.

Awalnya, material emas ini ditemukan secara tidak sengaja oleh Syarifah Arey dan kedua saudara laki-lakinya. Saat itu, mereka hanya iseng mendulang emas di sekitar pantai Pohon batu. Ia mengatakan, “Kami hanya melakukan eksperimen, tapi ternyata material tersebut mengandung emas.”

Baca Juga : Aneh! Kenapa Muncul Emas Di Pesisir Pantai?

Salah satu warga Tamilouw yang dikonfirmasi via selulernya membenarkan penemuan tersebut. Lokasi penemuan emas berada pada kaki sungai Wai Loyain, atau berada tepat di antara tanjakan jalan Pohon Batu, Desa tersebut.

Sejak ditemukan pada Jumat minggu kemarin, lokasi tersebut baru dikunjungi warga. Mereka mulai mendulang, setelah beberapa warga berhasil menemukan emas dari hasil dulang pertama kali. “Yang dulang cuman orang kampung saja. Tadi beta (saya) baru cek di sana, dong su (sudah) dapat hasilnya,” kata dia

Baca Juga : Bahaya Dibalik Fenomena Emas Di Maluku

Berdasarkan video yang beredar luas di media sosial whatsaap, salah satu pendulang emas yaitu Sarifa Arey, mengaku mulai mendulang sejak pukul 08.00 WIT. Ibu rumah tangga ini mengaku mulai mendulang setelah mendapat kabar dari dua orang saudaranya. Dua kakaknya itu merupakan orang yang pertama kali menemukan lokasi emas tersebut.

“Awalnya sekedar mencoba-coba (dulang), ternyata ada (emas), sampai warga ramai-ramai ikut mendulang,” katanya.

Dari video itu, Sarifa tampak mendulang menggunakan peralatan seadanya. Yaitu wajan, dan Skop untuk mengambil material yang akan di olah. Material tanah yang diambil tampak berwarna hitam. Material itu kemudian diletakan di dalam kuali berisi air. Selanjutnya di goyang-goyang hingga menyisahkan butiran emas berbentuk pasir berwarna keemasan.

Baca Juga : Ini Pemuda Penemu Emas Pertama di Maluku

Kemudian, warga lain langsung berbondong-bondong mendulang material emas. Hingga berita ini diturunkan, belum ada penjelasan resmi dari Pemerintah Negeri (Desa) Tamilouw serta dinas terkait di Maluku Tengah.

 

 

#artikel-asli