Simak Cara Merubah Warna di Photoshop 2023

Cara Merubah Warna di Photoshop–Selamat datang di website liputanberitaku.com, website yang mengulas tentang pelajaran dan pertanyaan seputar Sekolah Dasar, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi, Kali ini kita akan bahas pertanyaan tentang : Cara Merubah Warna di Photoshop.

Kesalahan dalam pengaturan kamera terkadang menghasilkan warna yang kurang jelas. Dalam hal ini, memerlukan sedikit proses pengeditan di Photoshop untuk menghidupkan foto. Secara khusus, artikel ini menjelaskan cara mengubah warna di Photoshop.

Photoshop sendiri sering digunakan oleh para desainer untuk logo atau keperluan desain lainnya. Agar logo ini memiliki warna yang bervariasi, memerlukan alat yang berbeda untuk mengubahnya. Proses untuk ini menyajikan di bawah ini.

Ada banyak pengaturan yang dapat Anda gunakan untuk mengubah atau memodifikasi warna di Photoshop. Cara-cara berikut ini bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda dan hanya perlu memodifikasi agar perubahan yang terjadi lebih optimal. Berikut ulasan lengkapnya.

 

Cara Merubah Warna di Photoshop

1. Selective Color

Cara Merubah Warna di Photoshop untuk menggunakannya adalah dengan menggunakan Selective Color. Cara ini cukup sederhana dan praktis, kita hanya perlu mengubah Preset atau memindahkan beberapa elemen warna pada menu Selective Color.

Beberapa warna di sini adalah cyan, magenta, kuning, dan hitam. Untuk mengubah, gerakkan penggeser ke kiri atau ke kanan sesuai kebutuhan. Menggabungkan keempat warna ini dapat menghasilkan warna baru.

2. Gradient Map dan Gradient Fill

Alat berikutnya yang dapat Anda gunakan untuk mengubah warna adalah Peta Gradien, cukup mudah menggunakan dengan menentukan titik dari gradien yang tersedia. Silahkan lihat hasil melihat foto atau gambar di lembar kerja photoshop.

Di bawahnya adalah opsi Reverse dan Dither. Jika Anda tidak ingin mengubah blending mode (Overlay), aktifkan opsi Inverted. Anda juga dapat menyesuaikan opacity dan isi jika diperlukan.

Jika Anda menggunakan gradient fill, Anda perlu mengubah pengaturan Blend Mode untuk melihat perpaduan warna antara foto di satu layer dan foto di layer lainnya. Sesuaikan dengan mengubah opacity dan isi juga.

3. Color Balance

Jika warna yang ingin merubah adalah seluruh foto atau objek yang memilih, Anda dapat mengubahnya di menu Color Balance. Untuk mengaksesnya, klik Image > Adjustment > Color Balance.

Setelah masuk ke menu Color Balance, kamu bisa mengubah warna sesukamu. Pemilihan warna dasar sama dengan cara #1. 1 diatas menggunakan warna selektif yaitu cyan, magenta dan yellow.

Jika Anda ingin mengubah kecerahan suatu warna, yang perlu Anda lakukan hanyalah menyesuaikannya menggunakan 3 nada warna yang ada yaitu Sorotan, Midtones, atau Bayangan.

4. Hue/Saturation

Cara keempat yang juga sering menggunakan adalah mengatur hue/saturation. Untuk mengaksesnya, klik Image > Adjustment > Hue/Saturation. Di sini Anda akan memiliki 3 opsi yang dapat menyesuaikan yaitu Hue, Saturation dan Brightness.

  • Tint: Memindahkan penggeser untuk opsi ini menghasilkan variasi warna yang berbeda pada foto yang diedit.
    Saturasi: Pengaturan ini mengatur ketajaman warna foto yang diedit. Memindahkan penggeser ke kiri menciptakan warna hitam dan putih (warna pudar), sementara memindahkannya ke kanan membuat warna menjadi lebih tajam.
    Kecerahan: Seperti namanya, opsi ini membuat foto menjadi lebih gelap saat Anda menggerakkan penggeser ke kiri dan membuat gambar lebih terang saat Anda menggerakkan penggeser ke kanan.

5. Pengaturan Curves

Cara merubah warna di photoshop yang kelima adalah dengan menggunakan channel Curve. Pengaturannya sama dengan metode sebelumnya, yaitu kombinasi 3 warna primer (RGB), yang menghasilkan warna baru dan menerapkannya pada foto yang diedit.

Penggabungan ketiga warna tersebut dapat menghasilkan warna yang cukup kaya untuk menggunakan dalam berbagai aplikasi edit foto. Pengaturan saluran Curve ada di sebelah kanan, sejajar dengan pengaturan Level.

Banyak cara untuk mengubah warna di Photoshop memberi Anda banyak pilihan untuk mengedit foto. Anda dapat menerapkan tema atau nada warna yang berbeda menggunakan metode di atas. Sehingga hasil yang mencapai juga bisa lebih bervariasi.

Demikian Ulasan Pertanyaan Tentang : Cara Merubah Warna di Photoshop , Jika ada jawaban lain silahkan menghubungi redaksi liputanberitaku. Terima Kasih!