hit counter

5 Rekomendasi Pulse Oximeter Terbaik

Pulse Oximeter Terbaik — Pernahkah Anda menjalani pemeriksaan medis di mana Anda memasukkan jari Anda ke dalam mobil dan membaca angka dan grafik untuk membaca konsentrasi oksigen darah dan detak jantung? Perangkat ini disebut oksimeter pulsa. Alat ini sangat penting untuk memantau kondisi seseorang yang mengalami gangguan kesehatan.

Kini Anda dapat memeriksa saturasi oksigen dan detak jantung untuk Anda dan keluarga di rumah atau di mana saja dengan berbagai model dan harga yang terjangkau. Oksimeter pulsa dapat dibeli dari produsen perangkat medis seperti Yonker, Microlife, Serenity, dll. Tapi oksimeter pulsa mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda? Cari tahu informasinya di artikel ini!

Cara Memilih Pulse Oximeter

Pulse Oximeter Terbaik
Pulse Oximeter Terbaik

Saat Anda membutuhkan dan ingin membeli oksimeter pulsa, pertimbangkan hal-hal seperti jenis, ukuran, tampilan, akurasi, masa pakai baterai, dan banyak lagi. Anda dapat menemukan informasi tentang memilih oksimeter pulsa dalam deskripsi kami di bawah ini. Simak baik-baik, ya!

Pilih Tipe Pulse Oximeter yang Sesuai Kebutuhan Anda

Agar oksimeter pulsa efektif, tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda saat membeli instrumen. Apakah Anda hanya akan menggunakan perangkat untuk pemeriksaan rumah dan tandang harian atau untuk pemantauan berkelanjutan yang membutuhkan akurasi tinggi?

Pilih yang Ukurannya Pas dengan Jari Anda atau Keluarga Anda

Saat memilih oksimeter denyut, pastikan pas di ujung jari Anda, tidak terlalu ketat atau terlalu longgar. Karena jika terlalu kencang dapat menyebabkan kontraksi atau sirkulasi. Namun, jika terlalu lebar, meteran bisa jatuh atau membiarkan cahaya masuk, yang dapat mempengaruhi pembacaan dan membuatnya tidak akurat.

Beberapa oksimeter pulsa dirancang agar sesuai dengan jari-jari bayi atau anak. Untuk melakukan ini, pertama-tama bicarakan dengan dokter Anda sebelum memilih unit yang tepat. Atau, jika Anda berbelanja online, ukur dulu jari Anda dari ujung kuku hingga bagian bawah jari

Cari Perangkat yang Memenuhi Standar ISO, CE, atau SNI, dan Memiliki Akurasi ± 2-3%

Oksimeter pulsa yang baik sangat akurat atau presisi. Untuk itu, pastikan produk yang dipilih memenuhi standar sertifikasi ISO (International Organization for Standardization) atau SNI (Standar Nasional Indonesia). Karena sertifikat label ISO dan SNI tidak dikeluarkan jika tingkat akurasinya tidak memenuhi standar. Perhatian: ISO 80601-2-61: 2011 telah diubah menjadi ISO 80601-2-61: 2017.

Untuk memenuhi persyaratan akurasi standar teknis yang berlaku, selisih kuadrat antara oksimeter dan nilai aktual harus kurang dari 4% dalam rentang SpO2 70% -100%. Menurut WHO-UNICEF, akurasi SpO2 adalah ± 2% pada kondisi penggunaan ideal dan ± 3% untuk semua pasien dan kondisi perfusi/pergerakan. Sedangkan pengukuran detak jantung yang optimal adalah ± 3 bpm.

Pilih yang Memiliki Lampu Latar atau Layar yang Bisa Berputar untuk Memudahkan Pembacaan

Dua jenis layar yang banyak digunakan dalam oksimeter pulsa, LED dan OLED. Setiap layar memiliki kelebihan dan kekurangan untuk membaca hasil pulse oxymeter. Anda dapat memilih produk sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Layar LED umumnya lebih besar dan dapat memberikan kecerahan yang jauh lebih baik daripada OLED. Namun, layar LED memerlukan lampu latar untuk penerangan atau untuk mengurangi polarisasi. Perangkat dengan layar LED umumnya dijual dengan harga yang relatif murah.

Sedangkan layar OLED memiliki response time yang lebih cepat dibandingkan LED dan dapat dilihat dari berbagai arah atau sudut. Dalam pengoperasiannya, layar OLED membutuhkan daya yang lebih sedikit, meski memiliki banyak warna. Namun, harga jualnya jauh lebih mahal.

Pilih yang Daya Tahan Baterainya hingga 30-40 Jam, atau Memiliki Fitur Hemat Baterai

Karena banyak orang menggunakannya terus menerus, oksimeter pulsa perlu digunakan untuk waktu yang lama. Idealnya, produk ini dapat digunakan hingga 50 jam dan memiliki fungsi hemat daya otomatis, shutdown otomatis, dan pengisian daya.

Masa pakai baterai oksimeter pulsa umumnya tergantung pada jenis, jumlah, dan kualitas sel baterai yang digunakan. Misalnya, 2 baterai alkaline AAA (1,5V, 600mAh), yang mengkonsumsi kurang dari 30mA, dapat bekerja terus menerus hingga 30 jam. Jika Anda menggunakan baterai yang tidak dapat diisi ulang, untuk menghemat energi, pilih perangkat yang mati secara otomatis setelah digunakan.

Selama bertahun-tahun penggunaan terus menerus, baterai isi ulang layak digunakan. Secara optimal, baterai isi ulang ini harus bertahan lebih dari 24 jam dengan sekali pengisian daya. Meskipun satu kali pengisian daya selama 12 jam sudah cukup menurut UNICEF-OMS, perangkat setidaknya harus digunakan saat mengisi daya.

Rekomendasi Pulse Oximeter Terbaik

Sekarang setelah Anda mengetahui cara memilih oksimeter pulsa berdasarkan poin-poin sebelumnya, kini Anda dapat memilih produk oksimeter pulsa mana yang paling ideal untuk Anda. Tidak perlu khawatir tentang survei, kami telah merangkum beberapa produk oksimeter pulsa untuk dipilih. Selamat berbelanja!

1. Yuwell Fingertip Pulse Oximeter YX 102

oximeter yang bagus
oximeter yang bagus

Sebagai orang yang sadar kesehatan, Anda tentu ingin memantau kesehatan Anda dan keluarga Anda selama wabah. Salah satu hal yang Anda perlukan adalah oksimeter pulsa, perangkat yang mudah dibawa dan digunakan yang dapat menampilkan konsentrasi oksigen darah dan status denyut nadi.

Pulse oximeter ujung jari Yuwell YX 102 yang dirancang dengan gaya memungkinkan Anda memantau kesehatan Anda dan keluarga di mana saja dan kapan saja. Hebatnya, Anda bisa mendapatkan hasilnya hanya dalam delapan detik! Dengan baterai AAA, produk ini bekerja secara otomatis selama 17 jam.

2. Beurer PO 30 Pulse Oximeter

Jika Anda memiliki masalah kesehatan atau berlatih di ketinggian, Anda memerlukan oksimeter denyut untuk mengukur saturasi oksigen darah Anda. Perangkat harus mudah digunakan dan secara grafis menampilkan detak jantung Anda pada layar berwarna.

Beurer PO 30 adalah oksimeter pulsa layar warna 4 layar buatan Jerman yang cocok untuk orang dengan penyakit paru obstruktif kronik, asma bronkial, dan gagal jantung. Perangkat ini juga cocok untuk latihan di ketinggian karena memiliki tali dan saku sabuk.

3. Jumper JPD-500E Pulse Oximeter

oximeter yang bagus
oximeter yang bagus

Pelompat oksimeter pulsa JPD-500E terintegrasi dengan probe SP02 dan menampilkan nilai denyut nadi dan grafik batang detak jantung. Dengan layar HD yang besar, perangkat ini mudah digunakan dengan satu tombol. Jika Anda melepaskan jari Anda dari probe, itu akan mati secara otomatis dalam 5 detik.

Selain menampilkan SPO2 dan detak jantung, layar juga menampilkan indikator baterai, sehingga Anda tahu kapan baterai hampir habis. Karena ukurannya yang kecil, pulse oxymeter ini ringan dan mudah dibawa serta cocok untuk orang dewasa, remaja dan anak-anak.

4. Yonker Fingertip Pulse Oximeter

Oksimeter pulsa jari Yonker adalah perangkat medis portabel dengan teknologi canggih. Perangkat ini memonitor saturasi oksigen kuantitatif dan nilai detak jantung dengan satu jari dan mati secara otomatis setelah 8 detik tidak ada sinyal.

Dengan ukurannya yang kecil dan variasi warna yang menarik, perangkat ini cocok untuk area pegunungan, klub kebugaran, gym, komunitas kesehatan, keluarga dan institusi medis, dll.

5. Microlife OXY 200 Pulse Oximeter

Sebuah perangkat skrining non-invasif atau eksternal, oksimeter pulsa Microlife OXY 200 dirancang untuk memantau saturasi oksigen dan hemoglobin arteri (Sp02) dan detak jantung pada orang dewasa atau anak-anak.

Penanganannya yang mudah membuatnya cocok untuk penggunaan pribadi. Berkat ringan dan mudah dibawa, dapat dengan mudah disimpan di rumah atau di perjalanan. Perangkat ini juga dapat digunakan di bidang medis, misalnya di rumah sakit atau klinik

Kesimpulan Pulse Oximeter Terbaik

Untuk memudahkan Anda dan keluarga memantau kesehatan Anda, terutama konsentrasi darah dan detak jantung Anda, Anda bisa membeli pulse oximeter dan menggunakannya di rumah. Tetapi pertama-tama, Anda perlu mempertimbangkan beberapa poin penting yang telah kami uraikan dalam artikel ini.

Sekarang setelah Anda mengetahui cara membeli oksimeter denyut dan telah menerima saran, kami harap Anda dapat menentukan oksimeter denyut mana yang terbaik untuk Anda dan keluarga. Ia juga mengetahui tindakan apa yang tepat setelah menerima data kesehatan dari perangkat. Kontrol diri kesehatan yang baik!