Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup — Tahukah Anda bahwa banyak orang lebih memilih laptop daripada komputer pribadi atau PC? Biasanya karena lebih mudah dibawa dan lebih mudah digunakan. Hingga saat ini sudah banyak merek laptop yang beredar, seperti Asus, HP, Lenovo, Acer dan lain sebagainya.

Meski banyak dipilih orang, laptop seringkali mengalami beberapa masalah seperti laptop tidak bisa menyala tapi lampu power menyala. Ini dapat disebabkan oleh sejumlah masalah, tetapi biasanya disebabkan oleh kerusakan perangkat keras pada laptop.

Tapi jangan khawatir! Selanjutnya kita akan bahas cara mengatasi laptop tidak mau hidup tapi lampu power menyala.

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

1. Periksa baterai laptop Anda

Coba periksa status baterai laptop Anda. Karena masalah ini bisa terjadi karena hal kecil seperti baterai yang sudah mati atau mati.

Biasanya hal ini terjadi saat laptop masih menyala namun Anda tidak menyadari bahwa baterai laptop sudah mati. Sehingga ketika tiba-tiba mati, layar laptop juga ikut mati, namun lampu power tetap menyala dan terkadang menyala merah. Tentu saja, untuk mengatasi hal ini, colokkan laptop Anda ke pengisi daya.

Jika laptop benar-benar menyala dan melakukan sesuatu, pastikan pengisi daya terpasang setiap saat.

2. Prosesor bermasalah

Prosesor adalah komponen inti laptop yang paling penting karena prosesor adalah otak dari laptop. Jika hanya ada masalah kecil pada prosesor, laptop macet atau tidak mau hidup, meskipun lampu daya menyala seperti biasa.

Biasanya kerusakan ini disebabkan oleh debu yang menumpuk sehingga mengganggu kinerja prosesor.

Bongkar laptop Anda dan bersihkan debu dengan kain lembut atau alat khusus. Atau bisa juga buka processornya lalu perhatikan paste processor atau iso thermonya. Jika terlihat jelek atau rusak, bersihkan dan ganti dengan yang baru.

Baca Juga : Laptop Tidak Bisa Menyala Tetapi Charger Hidup

3. RAM rusak

Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup , Jika laptop Anda hanya menunjukkan layar kosong atau hitam saat Anda menyalakannya dan laptop Anda berfungsi normal, kemungkinan besar RAM di laptop Anda rusak. Umumnya, jika menurut Anda kerusakan tersebut bukan disebabkan oleh hal yang fatal, bisa jadi RAM tersebut kendor atau kotor.

Jadi bagaimana Anda bisa mengatasinya? Caranya tentu saja dengan membongkar laptop kemudian mengencangkan RAM kembali. Jika memungkinkan, buka RAM dan hapus PIN dari RAM.

Namun, pastikan untuk menggunakan alat khusus atau kain lembut saat membersihkan. Kemudian instal ulang RAM yang sebelumnya dibersihkan. Kemudian coba restart laptop anda.

Bagaimana jika laptop tetap tidak mau hidup padahal RAM sudah dibersihkan?

Caranya, suka atau tidak suka, bawa langsung ke service center laptop dan ganti dengan RAM baru. Biasanya masalah ini terjadi pada laptop yang sudah lama tidak digunakan.

4. Kerusakan harddisk

Beberapa laptop yang tidak mau hidup juga bisa disebabkan oleh hard drive yang buruk. Namun biasanya jika HDD mengalami kerusakan, saat menghidupkan laptop akan terlihat blank screen dan akan tertulis bahwa HDD tidak terdeteksi.

Namun jika masih belum yakin apakah HDD rusak, coba bongkar laptop dan bersihkan bagian HDD, kemudian restart laptop.

Jika hasilnya masih sama atau tidak menyala berarti HDD yang anda gunakan benar-benar rusak dan perlu diganti dengan yang baru.

Yang perlu Anda cari untuk mengetahui apakah laptop Anda tidak mau hidup karena HDD yang buruk atau tidak adalah jika Anda mendapatkan notifikasi atau peringatan ketika Anda menghidupkan laptop Anda.

Kesimpulan Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup 

Itulah beberapa cara mengatasi laptop tidak mau hidup tapi lampu power menyala. Masalah seperti ini sering terjadi pada laptop yang sudah lama tidak digunakan atau terbentur/jatuh sehingga merusak bagian dalam laptop.

Sebaiknya jika Anda tidak memiliki keahlian untuk membongkar atau memperbaiki laptop sendiri, sebaiknya bawa ke bengkel laptop yang aman dan terpercaya.