Rekayasa Perangkat Lunak : Pengertian, Contoh, dan Penerapannya

Rekayasa Perangkat Lunak–Pengembangan perangkat lunak atau disingkat RPL adalah salah satu bidang dan mata pelajaran profesional yang mempelajari pengembangan perangkat lunak, termasuk manufaktur, pemeliharaan, manajemen organisasi, dan manajemen kualitas. Dapat dikatakan bahwa RPL adalah perubahan yang terjadi pada perangkat lunak dalam rangka mengembangkan, memelihara dan membangunnya kembali dengan menggunakan prinsip-prinsip rekayasa untuk memperoleh perangkat lunak yang nantinya akan bekerja lebih efisien dan efektif bagi pengguna.

Perangkat lunak itu sendiri adalah kumpulan data yang disimpan dan diprogram oleh sistem komputer, istilah ini cukup umum sebagai perangkat lunak. Sebagai elemen komputer, perangkat lunak menjadi elemen yang tidak terlihat secara fisik. Ini berisi instruksi yang diprogram dan dapat ditemukan pada perangkat keras apa pun, perangkat lunak pada awalnya adalah kode mesin atau kode mesin yang dibuat oleh seorang ilmuwan. Ini berisi angka biner yang dapat dikenali oleh komputer, terutama prosesor. Perangkat lunak ini bekerja dengan memberikan instruksi tertentu kepada prosesor untuk melakukan perhitungan, logika, input-output dan aritmatika.

Di Indonesia, RPL dipelajari dari tingkat sekolah menengah kejuruan hingga perguruan tinggi, ada departemen terpisah untuk pelatihan dan aplikasi rekayasa perangkat lunak di tingkat SMK. Sedangkan di perguruan tinggi biasanya ada jurusan terkait dan harus memahami RPL seperti di jurusan ilmu komputer. Materi yang dipelajari umumnya bahasa pemrograman, desain web, pengetahuan tentang UU ITE dan hak kekayaan intelektual, namun hal ini tergantung dari sekolah dan kurikulum setiap tahunnya.

Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak

rekayasa perangkat lunak
rekayasa perangkat lunak

Beberapa ahli memberikan penjelasan yang sedikit berbeda, teori ini juga digunakan dalam dunia pendidikan untuk memahami siswa.

  • Stephen R.Schach

RPL adalah disiplin ilmu yang dibuat dengan tujuan menghasilkan perangkat lunak yang bebas dari kesalahan, dikirimkan tepat waktu dan memenuhi harapan pengguna.

  • Fritz Bauer

RPL didefinisikan sebagai pengembangan dan penerapan prinsip-prinsip rekayasa untuk menghasilkan perangkat lunak yang andal, efisien, dan dapat dieksekusi pada mesin nyata.

  • Institute of Electrical and Electronics Engineers 610.12

Sedangkan menurut IEEE, studi dan aplikasi yang mengambil pendekatan kuantitatif, disiplin dan sistematis kepada pengembang yang mengelola dan mengelola perangkat lunak yang memenuhi syarat sebagai aplikasi.

Tujuan dan Penerapan Rekayasa Perangkat Lunak

Menguasai RPL dianggap perlu karena pada dasarnya memungkinkan Anda untuk membangun sistem yang lebih kompleks, efisien dan efektif dalam jangka waktu yang lama, dan tentunya harus berkualitas baik. Maka tujuan dari pengembangan perangkat lunak ini adalah sebagai berikut.

  • Mengembangkan Perangkat Lunak

Tujuan utama mahasiswa RPL adalah untuk mengembangkan perangkat lunak yang fungsional dan bermanfaat bagi penggunanya, tentunya perangkat lunak tersebut harus memiliki fungsi dan metode penggunaan tertentu yang akan digunakan.

  • Memperbarui Fungsi

Fungsi-fungsi yang ada dalam perangkat lunak perlu diperbarui dari waktu ke waktu, karena fungsi-fungsi yang ada sebelumnya telah dikurangi sedemikian rupa untuk mengurangi fungsinya juga. Dengan mempelajari perangkat lunak dengan cermat, perangkat lunak yang ada dapat menjadi sistem yang lebih baik di masa depan dan menjadi lebih bermanfaat bagi pengguna.

  • Menciptakan User Friendly

Setidaknya perangkat lunak yang user-friendly terlihat menarik, fungsional dan mudah digunakan, pemahaman yang lebih besar pasti dimiliki oleh mahasiswa teknik perangkat lunak. Jadi, Anda dapat menggunakan pengetahuan Anda untuk mengembangkan, meningkatkan, dan membuat perangkat lunak yang ramah pengguna.

  • Meng-integrasi Peralatan Mekanikal

Beberapa peralatan mekanik yang ada biasanya membutuhkan integrasi software agar sistem bekerja lebih optimal. Peralatan yang membutuhkan integrasi dengan perangkat lunak dapat menjadi masalah, tetapi siapa pun yang mempelajarinya pasti akan menyelesaikan masalah. Oleh karena itu, kegiatan operasionalnya mendukung penggunaan alat-alat tersebut.

  • Melakukan perawatan

Pembelajaran RPL tidak terbatas pada pembuatan dan pengembangan sistem perangkat lunak yang ada, tetapi juga pada pemeliharaan atau pemeliharaan perangkat lunak yang ada. Pemeliharaan diperlukan, ketika perangkat lunak mengalami masalah atau masalah, untuk menjaga sistem dalam kondisi baik, diperlukan pemeliharaan berkala.

Secara khusus, studi rekayasa perangkat lunak bertujuan untuk mengurangi biaya produksi dan pemeliharaan perangkat lunak, menghasilkan perangkat lunak yang bekerja dengan baik di semua platform, dan yang dapat menghasilkan perangkat lunak yang bekerja dengan andal dan tepat waktu. Rekayasa perangkat lunak atau RPL dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari maupun kehidupan bisnis, misalnya dengan membuat aplikasi untuk merekam data kecelakaan, membuat aplikasi kamera untuk pengemudi dan sebagainya.

Prospek Kerja Rekayasa Perangkat Lunak

Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak banyak hadir baik di tingkat SMA maupun Perguruan Tinggi, karena merupakan salah satu jurusan dengan peluang kerja yang cukup luas dan bervariasi, berikut ulasannya.

  • Developer IT

Peran ini mengembangkan perangkat lunak berdasarkan kebutuhan dan keinginan pelanggan, seperti perangkat lunak game atau perangkat lunak untuk kebutuhan bisnis. Kisaran gaji untuk developer IT ini adalah Rp 5.000.000.

  • Programmer

Seseorang yang bekerja untuk membuat program komputer atau perangkat lunak tertentu untuk memudahkan pekerjaan pelanggan yang membutuhkan, hampir semua perusahaan membutuhkan pekerja ini dengan kisaran gaji Rp 6.000.000.

  • IT Konsultan

Salah satu pekerjaan dengan banyak peluang, peran pekerjaan ini adalah perencanaan dari awal hingga evaluasi aplikasi IT di suatu perusahaan, dengan gaji sekitar Rp. 9.000.000.

  • System Analyst

Dengan bekerja sebagai analis analisis sistem, hasil pekerjaan Anda akan digunakan oleh programmer. Seorang analis sistem harus bisa membandingkan pro dan kontra dari sistem yang ingin ia rancang, kisaran gaji untuk mereka yang bekerja sebagai analis sistem adalah Rp 5.000.000.

  • Database Engineer

Bertugas merancang dan memonitor database yang cukup kompleks, kisaran gaji seorang database engineer adalah Rp 5.000.000.

  • Web Engineer

Orang yang bertanggung jawab untuk mendesain dan membangun website bertanggung jawab atas layanan dan kenyamanan website, kisaran gaji untuk web engineer ini adalah Rp 5.000.000.

  • Intelligent System Developer

Perangkat lunak yang dikembangkan oleh pekerjaan ini terkait dengan kecerdasan seperti pengenalan gambar, kisaran gaji pekerjaan ini adalah Rp 6.000.000.

  • Software Tester

Bidang pekerjaan yang memiliki peran khusus dalam menguji sebuah software atau software, kisaran gajinya antara Rp 5.000.000 hingga Rp 10.000.000.

Kesimpulan

Bidang ilmu ini dapat ditemukan di tingkat kelas dan bahkan di sekolah menengah, jurusan ini baru-baru ini menjadi salah satu program pelatihan paling populer yang diminati banyak siswa. Dengan kesempatan kerja yang luas dan bervariasi, hingga gaji yang tinggi. Banyak universitas negeri dan swasta menawarkan kursus ini, serta banyak sekolah kejuruan yang membuka kursus RPL kepada siswanya. Jika Anda ingin sekolah atau mencari jurusan yang mempelajari ilmu ini, Anda bisa mendapatkan referensi dan mempelajarinya sendiri.

Teknik komputer merupakan salah satu jurusan yang mempelajari RPL. Bagi mereka yang tertarik dengan ilmu ini, Anda mungkin mempertimbangkan untuk mencoba ini penting. Peluang kerja sama seperti yang dijelaskan di atas, ini penting bisa dipertimbangkan karena prospek kerja dan gaji yang bagus, yang bisa disebut lelucon. Anda harus memilih jurusan yang sesuai dengan passion Anda agar tidak berhenti di tengah jalan, agar kedepannya Anda juga bisa menjadi pekerja impian Anda. Pastikan dan pahami sebelum Anda memutuskan untuk menerimanya.